67 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat



Hampir kebanyakan orang pernah memiliki gejala sakit kepala.

Sakit kepala merupakan gangguan pada sistem pada bagian saraf yang mengalami penegangan.

Munculnya sakit kepala dapat disebabkan karena banyak faktor, mulai dari telat makan sampai kondisi stres berat.

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang tidak serius, namun bisa jadi lebih serius apabila tidak di atasi secepatnya.

Untuk menghilangkan sakit kepala sebenarnya sangat mudah, tetapi sekarang banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan aspirin dibanding menangani nya dengan tanpa obat.

Padahal jika mengkonsumsi aspirin dalam jumlah banyak itu sangat berbahaya untuk kesehatan organ ginjal dan juga bisa merusak bagian nefron ginjal karena ada kandungan kimia di obat sakit kepala tersebut.

Sebelum anda ingin mengetahu cara mengatasi sakit kepala alangkah baiknya jika anda mengetahui jenis-jenis sakit kepala yaitu dibedakan menjadi 4.

1. Migrain
2. Vertigo
3. Berkepanjangan
4. Cluster

Setelah anda mengetahui macam-macam sakit kepala, sekarang saatnya anda harus tahu bagaimana cara mengatasi sakit kepala tanpa obat,

1. Memijat Kepala

Cara ini merupakan cara yang sangat mudah, anda bisa menggunakan jari telunjuk dan ibu jari anda lakukan selama 7 - 15 detik, dengan memijat bagian kepala bisa meredakan sakit kepala, pijat pada bagian pelipis dengan gerakan melingkar, kemudian berlanjut ke bagian kening kepala, selanjutnya bergerak sampai lubang telinga, setelah itu turun ke bagian leher sampai pundak.

2. Manfaatkan Es batu

Mungkin sebagian orang banyak yang belum tahu bahwa es batu ini bisa sangat ampuh untuk menghilangkan sakit kepala berat, karena es batu ini memiliki sifat yang dingin dan sifat dingin inilah yang bisa untuk meredakan sakit kepala.

Cara penggunaan es batu untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan membungkus es batu pada kain bersih atau anda juga bisa menggunakan waslap, kemudian gosok es batu perlahan-lahan pada bagian kening, bagian samping kepala, dan bagian belakang kepala.

3. Konsumsi Air Putih

Karena pada dasar nya tubuh manusia terdiri dari 70% adalah cairan, karena jika kita mengkonsumsi air putih dengan jumlah cukup atau setara dengan 7-8 gelas perhari maka tubuh bisa mengoptimalkan sistem metabolisme.

Biasanya orang yang kekurangan cairan atau dehidrasi sering merasakan pusing dan berkunang-kunang dikarenakan kekurangan cairan di dalam tubuhnya sehingga aliran darah dan oksigen menuju ke otak menjadi sangat kurang.

4. Gunakan Eucalyptus Essential Oil

Minyak kayu putih atau disebut Eucalyptus Essential Oil akan menjadi suatu pilihan yang sangat tepat untuk meredakan sakit kepala akibat tekanan sinus, karena bertindak sebagai ekspektoran yang membantu membersihkan tubuh dari mikroorganisme berbahaya dan racun, sekaligus membuka saluran udara pada hidung serta menghilangkan tekanan sinus.

Minyak kayu putih ini dikenal mampu menjaga keseimbangan emosional dan meningkatkan mood, kondisi tersebut yang bisa meringankan sakit kepala anda.

Menurut uji klinis yang dilaksanakan di Korea pada tahun 2013 menunjukkan mengirup minyak kayu putih atau Eucalyptus Essential Oil dapat menurunkan tekanan darah bahkan mengurangi nyeri.

Para peneliti juga mencatat bahwa pasien yang mengalami sakit kepala, batuk, maupun sakit tenggorokan melaporkan bahwa pasien yang telah menghirup minyak kayu putih atau Eucalyptus Essential Oil mengalami penurunan sakit kepala, batuk, maupun sakit tenggorokan.

Anda juga bisa mencoba cara ini dengan menghirup minyak kayu putih untuk menghilangkan sakit kepala dan melancarkan saluran pernafasan akibat hidung yang tersumbat.

Anda juga bisa melarutkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan carrier oil dan memgoleskannya pada belakang leher, dada, dan pelipis.

5. Konsumsi Kentang

Karena kentang mengandung kalium yang cukup tinggi, dan banyak sekali manfaat dari kalium salah satunya adalah melancarkan peredaran darah.

Apabila peredaran darah lancar maka otomatis sakit kepala akan teratasi dengan mudah.

Hindari juga untuk menggoreng kentang, cukup di bakar atau di rebus saja.

Usahakan juga mengkonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya, karena kandungan kalium yang tinggi ada pada kulit kentang.

6. Kayu Manis

Kayu manis ternyata bisa untuk mengobati sakit kepala karena kayu manis berfungsi sebagai penawar untuk melenyapkan sakit kepala dan cara efektif untuk menggunakannya adalah dengan cara sebagai berikut :
  1. Dengan menggiling beberapa batang kayu manis menjadi bubuk dan tambahkan sedikit air untuk membuatnya menjadi padat.
  2. Kemudian tempelkan bubuk kayu manis pada dahi selama 30 menit sembari tidur dan setelah itu cucilah dahi anda dengan air hangat.
7. Konsumsi Buah Pisang

Buah pisang mengandung senyawa pottasium dan magnesium yang cukup tinggi dan ke dua kandungan senyawa tersebut dipercaya oleh para ahli bisa untuk menghilangkan sakit kepala migrain. Maka dari itu disarankan anda yang memiliki sakit kepala harus mengkonsumsi buah pisang ini minimal 2 kali sehari.

8. Manfaatkan Cengkeh

Cengkeh juga bisa anda gunakan untuk mengobati sakit pada bagian kepala.

Karena cengkeh dipercaya dapat meringankan sakit kepala berdenyut dengan sensasi mendinginkan dan cara memanfaatkan cengkeh tersebut adalah.
  • Hancurkan beberapa sium cengkeh dan letakkan di sapu tangan yang bersih lalu hirup aroma cengkeh setiap anda mengalami sakit kepala dan hirup sampai sakit kepala anda berkurang.
9. Konsumsi Kopi

Menurut para ahli, kopi mengandung senyawa kafein yang cukup tinggi, kandungan kafein inilah yang mampu menenangkan sistem saraf yang menegang akibat dari sakit kepala tersebut.

Jika kopi yang anda konsumsi dalam jumlah wajar tidak lebih dari 1 cangkir per hari, kopi bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang mengalami sakit kepala.

Karena kopi mengandung kafein sebanyak 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala.

Dan perlu diingat janganlah anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan karena anda akan mengalami insomnia dan memperburuk keadaan, cukup anda konsumsi maksimal 1 gelas kopi sehari.

10. Minum Teh Charmomile

Karena teh charmomile memiliki senyawa flavonoid, coumarin, polyacetylenes, dan sesquiterpenes yang dikenal mampu untuk meredakan sakit kepala, anda dianjurkan untuk menyeduh secangkir teh chamomile waktu anda terkena sakit kepala.

Sebelum menyeduh teh charmomile anda diharuskan untuk menutup teh charmomile selama 10 menit agar senyawa teh charmomile tadi meresap.

11. Gunakan Biji Wijen

Biji Wijen memiliki kandungan vitamin E yang cukup banyak dan memiliki magnesium yang tinggi, kandungan vitamin E inilah yang dapat membantu menstabilkan esterogen dalam tubuh anda dan dapat mengatasi sakit kepala migrain yang anda derita, sedangkan magnesium pada biji wijen bisa menghilangkan sakit kepala bagian belakang.

12. Minum Air Jahe

Jahe dikenal dapat membantu mengurangi peredangan pada pembuh darah di bagian kepala. Jika anda mengalami sakit kepala maka anda bisa membuat minuman jahe dengan cara
  • Rebus jahe mentah dalam air hangat kemudian saring air tersebut untuk diminum 2x sehari
13. Konsumsi Lebih Banyak Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber lemak omega 3 yang cukup tinggi, ada banyak sekali manfaat dari kandungan lemak tersebut. Mulai dari mencegah kanker, mencerdaskan otak, bahkan mampu menghilangkan sakit kepala akibat tegangnya saraf.

Dari semua jenis ikan hanya ikan salmon dan makarel saja yang memiliki lemak omega 3 yang cukup tinggi.

14. Konsumsi Buah Semangka

Banyak sekali manfaat yang diberikan semangka, mulai dari dagingnya, kulitnya, maupun bijinya. Buah yang segar dan kaya akan air ini ternyata mengandung kalium yang sangat tinggi di bagian pangkal daging buah. kalium tersebut sangat efektif untuk mengobati sakit kepala dan juga melancarkan sistem peredaran darah.

15. Lemon

Kenapa lemon? karena lemon mengandung sifat antiinflamasi yang sangat baik untuk menghilangkan sakit kepala. Anda bisa juga untuk menggosok lemon segar di dahi dan daerah lain yang terkena sakit.

16. Lakukan Peregangan ( Streching )

Aktifitas ini sangat baik untuk menenangkan saraf dari penegangan saraf yang terjadi. Sehingga peregangan ini bisa anda gunakan untuk menghilangkan sakit kepala. Saya sarankan anda memilih olahraga yoga, karena bisa membakar lemak tubuh anda dan olahraga yoga ini tergolong olahraga yang ringan.

17. Atur Waktu Tidur Anda

Dari banyak masalah yang timbul akibat sakit kepala adalah salah satunya anda kurang tidur. Karena kurang tidur menyebabkan penegangan pada bagian otot dan sistem saraf dan dari situlah anda menderita sakit kepala. Maka dari itu alangkah baiknya anda mengatur waktu tidur anda kurang lebih 8 jam perhari.

Karena menurut penelitian di Universitas Chicago dari Amerika Serikat, seseorang yang tidak tidur selama minimal 3 hari, mereka sangat beresiko sekali terserang berbagai jenis penyakit, antara lain : Stroke, Penyakit Jantung, Hipertensi, dan masih banyak lagi penyakit yang bisa di timbulkan akibat kurang tidur.

18. Berbaring dengan Kaki di Atas

Ternyata membaringkan kaki di atas kepala saat berbaring , peredaran darah dari bawah (kaki) akan menuju ke atas dan mengisi bagian otak. Akibatnya darah akan menjadi lebih lancar dan sakit kepala dapat hilang dengan cara tersebut. Berbaringlah dan letakkan kaki di atas kepala kurang lebih selama 1 jam.

19. Jauhi Stres dan Depresi

Karena stres dapat beresiko tinggi mengalami sakit kepala, stres terjadi karena masalah keluarga, percintaan, keuangan, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari stres karena anda terkena masalah coba anda konsultasi bersama keluarga atau segera anda untuk berlibur di tempat yang anda suka.

20.  Jangan Melihat Cahaya yang Sangat Terang

Sebab cahaya yang sangat terang saraf akan semakin menegang dan kaku, selain terkena sakit kepala anda juga bisa mengalami sakit mata dan itu juga sangat buruk bukan.

Upayakan hindari cahaya-cahaya terang saat anda terkena sakit kepala, alangkah baiknya anda di tempat yang tidak terlalu terang.

21. Jangan Melakukan Aktifitas Fisik yang Berlebihan

Aktifitas fisik yang secukupnya itu bagus untuk kesehatan sedangkan yang berlebihan itu sangat tidak baik untuk kesehatan apalagi anda sedang mengalami sakit kepala, maka seharusnya anda istirahat sejenak sampai sakit kepala anda reda.

22. Dengan Beras Ketan

Beras ketan ini mampu mengatasi sakit kepala anda, dengan cara ambil beras secukupnya di rendam dalam air selama beberapa menit, kemudian beras di hancurkan dan sari/air ketan usapkan pada bagian kepala yang sakit.

23. Tekan Ibu Jari Kaki

Dalam Refleksologi saraf kepala berkaitan dengan jempol kaki, dengan memberikan sedikit tekanan pada ibu jari biasanya akan meredakan sakit kepala yang anda derita.

24. Manfaatkan Bola Tenis

Ambillah 2 bola tenis lalu sejajarkan, setelah itu berbaringlah dan posisikan bola tenis di belakang leher. Berikan sedikit tekanan seolah-olah bola tersebut memijat leher anda. Hal tersebut akan membantu menenangkan otot-otot suboccipitalis yang merupakan penyebab utama nyeri sakit kepala yang anda derita.

25. Menggigit Cabai

Ahli Gizi Nuffield Health, Lily Soutter mengatakan, bahan aktif dalam cabai telah terbukti dan mampu meredekan sakit kepala untuk penderita sakit kepala migrain.

26. Makanlah Secara Teratur

Ahli Gizi, Alexis Poole mengatakan, sakit kepala terjadi karena kadar glukosa turun terlalu rendah dan otak anda membutuhkan energi untuk berfungsi.

Maka usahakan anda makan tepat waktu sehingga bisa meminimalisir terjadinya sakit kepala.

27. Hindari Menggunakan Komputer

Jika anda terlalu sering berada di depan layar komputer anda akan mengalami Computer Vision Syndrome yaitu gejala gangguan pada kesehatan mata dan bisa memperburuk sakit kepala yang diakibatkan oleh penggunaan komputer termasuk tablet, smartphone, dan pad yang relatif lama yaitu lebih dari dua jam dan dilakukan secara terus menerus.

Jika anda memiliki profesi yang harus berhubungan dengan komputer, maka anda dapat melakukan relaksasi dengan metode 20 - 20 - 20. Apa itu metode 20 -20 - 20, yaitu metode setiap 20 menit bekerja di depan layar komputer , anda harus menyempatkan untuk memalingkan pandangan dari layar monitor selama 20 detik ke objek lain yang berjarak 60 meter atau 20 kaki.

Menurut dokter mata, Bhavin Shah mengatakan, untuk mengistirahatkan mata selama 15-20 menit setiap 50 menit. Hal ini bisa mencegah ketegangan pada mata dan meredakan sakit kepala.

28. Menundukkan Kepala

Ketegangan pada otot leher merupakan salah satu yang menyebabkan sakit kepala anda muncul.

Coba redakan sakit kepala anda dengan menundukkan kepala sampai dagu menyentuh dada bagian atas.

29. Hindari Menggunakan Kacamata Hitam

Hindari penggunaan kacamata hitam saat anda mengalami sakit kepala, menurut penelitian dari British Osteophatic Association mengungkapkan pemakaian kacamata hitam memicu kepala pusing.

Penelitian tersebut menunjukkan seperlima dari warga Inggris kerap menahan rasa sakit, karena pemakaian kacamata hitam yang terlalu menekan karena tidak sesuai dengan bentuk wajah mereka.

Tekanan yang kuat ini tanpa disadari bisa menyebabkan mereka mengalami sakit kepala. Para peneliti menyarankan agar anda membeli kacamata hitam dari optik resmi agar bisa sesuai dengan bentuk wajah anda, sehingga bisa meminimalisir terjadinya sakit kepala.

30. Mint 

Penanganan ini sangat cocok jika sakit kepala yang anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan waktu makan sehingga perut menjadi mual dan sakit kepala anda muncul, segera beli permen mint karena kandungan mint membuat kepala jadi rileks dan sakit kepala yang anda derita bisa segera hilang.

31. Aromaterapi

Gunakan aromaterapi yang menenangkan yang bisa membuat kepala anda menjadi rileks, aromaterapi bisa anda pilih mulai dari aroma buah, aroma bunga, atau aroma lainnya yang anda sukai.

Letakkan aromaterapi pada bagian sudut kamar agar kalian bisa menghirupnya, dengan menghirup aroma terapi lambat laun sakit kepala yang anda derita akan menghilang.

32. Biji Alpukat

Jika sakit kepala anda muncul karena demam, anda bisa membuat pengompresan alami dari biji alpukat dengan cara.
  1. Sediakan 2 biji alpukat kemudian di parut atau di blender.
  2. Setelah itu campur dengan sedikit air.
  3. Selanjutnya tempel pada dahi selama kurang lebih 1 - 2 jam atau bisa juga setiap anda tidur pada malam hari.
33. Beristirahatlah di Ruangan Gelap

Jika sakit kepala anda muncul segera cari tempat yang agak gelap dan terhindar dari suara bising, kemudian tenangkan diri anda dan cobalah untuk melemaskan bagian kepala serta pundak anda.

34. Relaksasi

Jika anda bisa melakukan mediasi, anda bisa gunakan teknik mediasi yang anda sudah pelajari dan pejamkan mata anda kemudian atur nafas anda selanjutnya bayangkan anda berada di tempat favorit anda.

Tidak lama kemudian sakit kepala anda berangsur-angsur mulai menghilang.

35. Kompres

Cobalah kompres bagian kening anda menggunakan lap hangat, cara ini mampu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku.

 36. Teh Mint

Jika sakit kepala anda muncul, coba anda mengkonsumsi teh mint, sebelum anda mengkonsumsinya anda dianjurkan menghirup dahulu aroma dari teh tersebut.

Kemudian minumlah teh tersebut secara pelan-pelan. Karena aroma mint pada teh tersebutlah yang dapat membantu menenangkan pikiran anda, sehingga saat pikiran tenang secara tidak langsung sakit kepala anda akan minggat.

37.  Teh Hangat

Selain teh mint, teh hangat juga bisa mengatasi sakit kepala yang anda derita karena teh mengandung kafein yang dibutuhkan saat sakit kepala. Usahakan makan atau minum yang hangat-hangat.

38. Hindari Mengkonsumsi Makanan atau Minumanan Dingin

Hindari dahulu makan atau minum yang dingin-dingin karena jika anda belum sembuh dari sakit kepala jangan langsung mengkonsumsi yang dingin-dingin karena sesuatu yang dingin seperti es krim menyentuh pusat langit-langit mulut, maka suhu dingin ini bisa mematikan saraf tertentu yang berfungsi mengontrol berapa banyak darah mengalir ke kepala.

Kondisi ini bisa menimbulkan sakit kepala lagi. Sakit kepala ini berjenis migrain maka hindari dulu yang dingin-dingin cari yang hangat-hangat.

39. Daun Alpukat 

Tidak hanya buahnya saja yang bisa kita manfaatkanm ternyata daun alpukat ini juga berguna untuk mengatasi sakit kepala yang anda derita.

Caranya adalah petik beberapa daun alpukat yang ada di sekitar rumah kemudian rebus daun alpukat selama 5 menit saja, tuangkan sedikit air didihan ke dalam gelas.

Lalu campurkan dengan air matang sampai gelas penuh.

Minumlah ramuan tersebut selagi hangat. Dan konsumsi paling banyak hanya 1 x sehari.

40. Bunga Matahari

Selain bijinya yang bisa digunakan untuk dijadikan kwaci, namun apakah anda sudah tahu bahwa bunga matahari itu sendiri bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala, dan begini cara mengolahnya.
  1. Rebus 1 buah bunga matahari dicampur dengan jahe menggunakan 3 gelas air.
  2. Lalu saat air mendidih sisakan hanya 2 gelas saja.
  3. Kemudian minumlah air rebusan bunga matahari sebanyak 2 kali dalam sehari.
41. Konsumsi Kari

Saran ini mungkin sedikit aneh tapi ini bisa menjadi obat. Karena di dalam masakan ini terdapat rempah-rempah yang banyak sekali.

Rempah-rempah tersebut di percaya bisa digunakan sebagai pereda nyeri pada sakit kepala. Jika anda ingin mengkonsumsi kari sebaiknya anda memakan kari saat keadaan masih hangat sehingga bisa melancarkan aliran darah di pembuluh darah, karena sakit kepala terjadi karena aliran darah yang tidak lancar.

42. Bunga Kenanga

Bunga kenanga ini ternyata bisa mengatasi sakit kepala yang anda derita. Tapi bunga ini sangat sulit dijumpai, tapi jika anda punya bunga ini anda bisa mencoba cara ini dan cara menggunakannya sebagai berikut :
  1. Sediakan bunga kenangan dan jahe.
  2. Kemudian rebus bunga kenanga dan jahe yang telah diiris bersama air bersih sebanyak 400 cc.
  3. Lalu saring airnya kemudian diminum selagi masih hangat.
43. Daun Kayu Putih

Mengatasi sakit kepala dengan daun kayu putih ini terbukti ampuh.

Jika anda memiliki tanaman ini bisa kalian manfaatkan untuk meredakan sakit kepala yang anda mengganggu kesehatan anda. Cara menggunakan daun kayu putih ini mudah sekali anda cukup menyediakan 10 sampai 15 gram daun kayu putih dan 3 gelas air bersih.

Kemudian rebus daun tersebut, dan minumlah air rebusan tadi selagi masih hangat.

44. Manfaatkan Daun Anyang-anyang

Tumbuhan ini juga termasuk obat tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala berkepanjangan.

Cara pembuatan obat tradisional dari tumbuhan anyang-anyang ini juga bisa dikatakan mudah.

Beginilah cara memanfaatkan tanaman anyang-anyang tersebut.

Cara menggunakannya : cuci bersih daun anyang-anyang lalu rebus dengan 2 gelas sampai tersisa 1 gelas, kemudian minumlah air rebusan tersebut dan minumlah hanya 1x perhari, karena jika lebih dari itu maka akan berdampak buruk untuk kesehatan anda.

45. Mengatur Pernafasan

Pengaturan nafas ini berfungsi sebagai pengaturan oksigen agar oksigen yang masuk kedalam tubuh ini bisa lebih maksimal. Lakukan pengaturan nafas sembari memejamkan mata.

46. Buah Apel

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ternyata buah apel ini memiliki banyak sekali manfaat yang diberikan, selain bisa untuk memutihkan gigi buah apel ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala terus menerus.

Kenapa buah ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala? karena buah ini mengandung zat yang mampu menyeimbangkan alkalin dan juga kadar keasaman di dalam tubuh.

Saat kadar keasaman dan alkaline didalam tubuh seimbang maka secara tidak langsung sakit kepala akan berkurang.

Jika ini cara yang anda pilih maka anda juga bisa memakan langsung kulit buah apel sekaligus dengan daging buahnya, dan jangan lupa untuk dicuci dahulu agar lebih bersih.

47. Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium Tinggi

Karena magnesium dipercaya bisa meredakan sakit kepala yang anda derita, contoh makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti kacang-kacangan, Almond, Bayam, dan susu kedelai.

48.  Daun Encok

Daun encok bisa menjadi alternatif lain untuk mengobati rasa sakit di bagian kepala belakang, cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak sawit atau minyak goreng di permukaan daun encok, kemudian tempelkan pada dahi dan diamkan selama 15 menit.

Lakukan cara ini sebanyak 3x sehari agar hasil yang didapat bisa maksimal.

49. Fokus Pada Anggota Tubuh Lainnya

Menurut Ahli Kesehatan, David James Lees, ada teknik mediasi sederhana yang disebut Becoming the observer yang dapat mengatasi sakit kepala.

Anda cukup duduk dan menutup mata anda. Kemudian hirup udara melalui hidung dan hembuskan nafas melalui mulut secara perlahan-lahan Lalu anda fokuskan ke anggota tubuh lain dan rasakan semua sensasi yang anda alami.

50. Bunga Rosemary

Setangkai bunga rosemary untuk meredakan sakit kepala, dengan cara anda menghirup aroma bunga tersebut, kata Ahli Herbalis Dee Atkinson.

51. Daun Lamtoro

Cara menggunakannya adalah dengan membersihkan daunnya terlebih dahulu, lalu merebus daun lamtoro dan disaat merebus campurkan asam dan lengkuas yang telah di tumbuk.

Kemudian saring dan tuangkan di gelas, anda bisa menambahi madu lalu aduk hingga merata.

Minum ramuan tersebut sampai sakit kepala anda pergi.

52. Daun Dewa

Tanaman ini juga bisa mengatasi sakit kepala, ada 2 cara, cara pertama adalah ambil beberapa daun dewa kemudian daun tersebut bisa anda jadikan lalapan makanan. Cara ke dua ambil 3 - 5 daun dewa kemudian rebus bersama 20 - 25 helai daun pegagan.

Lalu ambil air rebusannya dan minum selagi masih hangat. Ramuan tersebut juga bisa mengatasi pusing.

53. Kulit Manggis

Manggis terkenal akan manfaat yang banyak salah satunya bisa mengatasi sakit kepala, dengan cara rebus kulit manggis, kemudian disaring dan tambahkan sedikit madu. Minumlah ramuan kulit manggis tersebut.

54. Berhenti Merokok

Sudah dijelaskan bahwa rokok itu sangat berbahaya dan bahan yang ada rokok itu sangat tidak baik untuk kesehatan salah satunya menyebabkan kepala anda pusing.

55. Kunyit

Tanaman satu ini juga bisa dijadikan alternatif obat, caranya adalah rebus kunyit tersebut dalam air, kemudian ambil airnya saja dan segera diminum selagi masih hangat.

56. Alkohol

Jika anda mengkonsumsi alkohol dengan kadar yang terlalu tinggi anda bisa terkena sakit kepala. Lebih baik anda hindari.

57. Posisi Tidur yang Salah

Tidur yang baik adalah dengan berbaringlah ke sebelah kanan, dan meletakkan tangan kanan pada pipi sebelah kanan, dan jangan sampai anda tidur tengkurap.

58. Lakukan Yoga

Karena olahraga ini membutuhkan ketenangan, ketenangan ini dibutuhkan saat anda terkena sakit kepala dan coba anda gunakan cara tersebut.

59. Mendengarkan Musik

Menurut studi di tahun 2001, terapi musik dikatakan bisa menghilangkan sakit kepala kronis.

60. Terapi Akupressur

Terapi ini bisa meredakan sakit kepala dengan memijat titik titik tertentu pada bagian tengkuk anda. Ini merupakan salah satu pengobatan memakai metode kuno.

61. Pemijatan

Anda bisa mencoba dengan memijat bagian kepala anda selama 15 menit di bagian pelipis, kening, atau bagian belakang kepala. Karena pemijatan ini bisa melancarkan aliran darah sehingga sakit yang anda derita akan menghilang.

62. Menghangatkan Tubuh

Cara ini bisa melancarkan peredaran darah. Anda bisa melakukan dengan mandi air hangat, dengan cara basuhlah kepala dengan air hangat atau rendamlah kepala di air hangat tersebut.

63. Merangkak 

Terdengar aneh bukan, tapi ini merupakan beberapa cara alternatif untuk melancarkan peredaran darah agar darah menyuplai ke bagian otak. Lakukan dengan cara berikut.
  1. Posisikan anda dalam keadaan merangkak dan luruskan punggung anda.
  2. Lalu turunkan dahi ke arah lantai.
  3. Usahakan juga panggul ikut terangkat.
  4. Tahanlah sampai sekitar 5 - 10 menit.
  5. Lakukan sebanyak 3x sehari.
64. Parasetamol

Alternatif lain anda bisa langsung menggunakan obat, daripada sakit yang anda derita semakin parah.

65. Aspirin

Selain parasetamol anda juga bisa menggunakan aspirin untuk meredakan sakit kepala anda. Dan gunakan pada dosis yang wajar ya.

67. Kunjungi Dokter Kesayangan Anda

Jika dirasa cara pertama sampai cara terakhir tidak manjur, ya anda harus konsulasi ke dokter.

Memang sakit itu tidak bisa diprediksi tapi sekarang anda bisa tenang karena anda sudah membaca cara mengatasi kepala tanpa obat, jika bermanfaat bisa anda share.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel