Cara Ampuh Merawat Kesehatan Hidung


Hidung merupakan indera penciuman yang di gunakan untuk mencium bau bau apa saja, bisa bau gosong, wangi, dll. Tapi jika hidung anda terganggu rasa nya pasti tidak enak.

Josep E.Kelleher , MD seorang yang ahli dalam bidang alergi dan imunologi menyatakan bahwa, hidung merupakan garis pertahanan pertama pada sistem pernafasan. Jika hidung kita mengalami masalah, maka organ tersebut tidak berjalan dengan baik dan organ yang lain juga akan terkena dampaknya.

Pastinya kalian tidak maukan jika hidung kalian yang bermasalah, lalu bagaimana cara ampuh merawat kesehatan hidung kita, simak ulasan berikut ini.

1.Hindari Sumber Alergi

Jika anda mempunya alergi pada benda-benda tertentu atau makhluk tertentu, maka minimalkan kontak dengan mereka, untuk mencegah penyakit pada hidung kamu.

2.Meningkatkan Kualitas Udara

Kualitas udara di lingkunganmu perlu di tingkatkan guna menyegarkan hidung kamu, apalagi kalau di kota-kota besar sangat minim sekali pohon-pohon yang rindang disana, tapi kamu bisa melakukannya dengan cara sederhana berikut ini.
  • Mengganti sarung bantal secara rutin, jika masih enak di gunakan ya tidak usah.
  • Mencuci sprei tempat tidur secara rutin.
  • Kalau bisa perbanyak tanaman di rumah kamu, tanaman apa saja, kecuali kaktus dan raflesia arnoldi.
  • Gunakan filter udara.
  • Lengkapi rumah kamu dengan ventilasi udara, agar sirkulasi udara lancar jaya.
  • Bersihkan semua perlengkapan dan peralatan rumah dari kotoran dan debu.
  • Dan jika kalian sering berkumpul dengan keluarga menggunakan karpet jangan lupa untuk di bersihkan karpetnya.
3.Lindungi Hidung dari Debu dan Polusi

Jika meningkatkan kualitas udara sudah di lakukan, sekarang saatnya mencegah dan merawat kesehatan hidung. Jika kalian beraktifitas di luar ruangan yang berdebu dan berpolusi kalian bisa menggunakan masker untuk mencegahnya.

4.Hindari Sumber Infeksi

Hati-hati dengan orang yang sedang mengalami gangguan pada hidungnya seperti, Flu, Pilek, dan gangguan pernafasan lainnya yang bisa menular, karena penularannya melalui udara, dan jika kamu ingin dekat dengan dia kamu bisa gunakan masker untuk berjaga-jaga.

5.Jangan Lupa Cuci Tangan dengan Sabun

Ini adalah cara mudah dan simple yang dilakukan, jika ingin beraktifitas yang membutuhkan kebersihan cucilah tanganmu dahulu, seperti mencuci tangan sebelum makan habis itu berdoa dan lahaplah makanannya.

6.Bersihkan Kotoran yang Menempel di Hidung

Jangan bersihkan hidung dengan tangan jika tanganmu kotor, bersihkan hidung dengan handuk atau kain yang bersih dan basah.

7.Perhatikan Jika Penggunaan Obat-obatan

Obat-obatan jika di gunakan terus menerus bisa berdampak buruk juga dengan indera penciuman alias hidung, sebaiknya konsultasi ke dokter dahulu sebelum mengkonsumsi obat-obatan untuk menjaga tubuh kamu di hari mendatang.

8.Penuhi Asupan Cairan pada Tubuh

Jika kebutuhan cairan kamu terpenuhi maka kelembapan hidung akan terjaga.

9.Jagalah Kelembapan Udara

Kelembapan udara yang tepat dan terjaga akan menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit hidung seperti, flu , pilek , dll.

Yah seperti itu beberapa cara ampuh merawat kesehatan hidung, agar hidung kalian akan terus berfungsi dengan normal, tapi tidak bisa di pungkiri sakit juga bisa datang kapan saja dan dimana saja dan tidak mengenal siapa yang akan di hinggapi, dan lebih baik mencegah dengan membaca artikel ini, sekian jika bermanfaat bisa kamu share.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel