Waspadai Jenis-Jenis Penyakit Lidah dan Cara Mengobatinya


Lidah juga bisa terkena penyakit seperti anggota tubuh lainnya, dan waspadai jenis-jenis penyakit lidah dan cara mengobatinya, agar cepat terhindar dari penyakit lidah yang lebih serius lagi, agar tidak berlama-lama langsung saja lihat pembahasan berikut.

1. Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang sering menimpa siapa saja, dan bisa sembuh dengan sendirinya. gejala sariawan antara lain, lidah mengalami bercak kemerahan dan terasa perih, lalu penyebab sariawan itu antara lain karena kekurangan vitamin C, makan atau minum terlalu panas, karena tergigit gigi sendiri, dan lain-lain. Dan cara mengobatinya.
  1. Banyak minum air putih.
  2. Konsumsi Vitamin C sesuai kebutuhan.
  3. Konsumsi buah dan sayur.
2. Kanker Lidah

Kanker lidah terjadi karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal yang muncul dari jaringan epitel mukosa lidah, salah satu pemicu kanker lidah antara lain, kebiasaan merokok, mengkonsumsi miras, dan tidak rajin membersihkan rongga mulut dan gigi.

Rokok dan alkohol pemicu cepatnya pertumbuhan sel kanker pada lidah karena mengandung tembakau dan alkohol, dan gejala kanker lidah antara lain, lidah bengkak, kehilangan kemampuan mengecap rasa, lidah nyeri sampai ke telinga.

Tapi tenang anda juga bisa mencegah terjangkitnya penyakit ini dengan cara.
  1. Hindari merokok dan minum beralkohol.
  2. Konsumsi buah dan sayur-sayuran.
  3. Jaga kebersihan mulut secara rutin.
3. Leukoplakia

Merupakan penyakit pada lidah dimana kondisi sel yang ada pada mulut mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, sehingga permukaan lidah ada bercak-bercak putihnya.

Penyebab dari penyakit ini antara lain, melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, alkohol, karena kekurangan vitamin A dan B.

Gejala awal dari penyakit ini seperti, Lidah sensitif waktu terkena makanan, permukaan lidah kemerah-merahan, dan terasa terbakar. Dan anda bisa mencegahnya dengan banyak mengkonsumsi air putih dan mengkonsumsi makanan dan sayuran yang menyehatkan, jangan lupa juga hindari juga kebiasaan yang buruk seperti yang sudah disebutkan di atas.

Anda juga bisa merawat kesehatan lidah, jangan lupa selalu cek ke dokter agar bisa mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut, agar tidak mengganggu aktifitas anda juga seperti mau makan atau minum, apakah anda mau makan atau minum tidak ada rasanya? pasti tidak mau kan, jangan lupa juga untuk selalu berolahraga dan makan-makanan yang bergizi. Dan jika bermanfaat bisa anda share.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel